Senin, 25 Juli 2011

Faktot Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar

a.   Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa
  Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dapat merangsang dan mengembangkan bakat yang dimilikinya,siswa juga dapat berlatih untuk berpikir kritis.
Gagne dan Brings ( dalam Martinis,2007:84) " Faktor- faktor yang dapat menumbuhkan timbulnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran"[1], yaitu:
a)   Memberikan motivasi atau menarik perhatian siswa, sehingga mereka berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran
b)   Menjelaskan tujuan instruksional (kemampuan dasar kepada siswa).
c)   Memberikan stimulus (masalah, topik, dan konsep yang akan dipelajari).
d)  Memberi petunjuk siswa  cara memepelajarinya
e)   Memunculkan aktifitas, partisifasi siswa dalam kegiatan pembelajaran
f)    Memberi umpan balik (feed back)
g)   Melakukan tagihan- tagihan terhadap siswa berupa tes, sehingga kemampuan siswa selalu terpantau dan terukur
h)   Menyimpulkan setiap materi yang akan disampaikan diakhir pembelajaran.   

b.   Prinsip- prinsip Keaktifan Belajar Siswa
Dalam pelaksanaan mengajar hendaknya diperhatikan beberapa prinsip belajar sehingga pada waktu proses belajar-mengajar,siswa melakukan kegiatan belajar secara optimal.
Ada beberapa prinsip belajar yang dapat menunjang timbulnya keaktifan belajar siswa, yakni stimulus belajar, perhatian dan motivasi, respons yang dipelajari, penguatan dan umpan balik, serta pemakaian dan pemindahan.


                [1]Abussalam, “Fdf”, Dalam  http// Google. net/artikel/ abussalam01, diambil tanggal 17 Pebruari 2011,pukul 11.09 WITA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar